10 Buku yang Wajib Kamu Baca Sekali Seumur Hidup

CGV Cinemas – Kebiasaan membaca buku banyak memberi manfaat, lho. Mulai dari menstimulasi mental, mengurangi stres, menambah wawasan hingga meningkatkan kualitas memori. Membaca buku juga bisa menambah imajinasi-imajinasimu dan membawamu pergi ke dunia yang baru. Tak heran banyak orang-orang sukses yang memiliki hobi membaca buku.

Nah, berikut ini deretan buku yang wajib kamu baca sekali seumur hidup!

1. To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee (Goodreads rate 4.28)

Goodreads
Goodreads

Karya klasik tentang perilaku manusia dan hati nurani menjadikan To Kill A Mockingbird sebagai buku terlaris dan terfavorit ketika terbit pertama kalinya pada tahun 1960. Pada 1961 Karya Harper Lee ini juga memenangkan hadiah Pulitzer dan menjadi film pemenang Academy Award.

Penuh kasih, dramatis dan sangat mengharukan, buku ini akan membawa pembaca untuk memahami perilaku manusia – baik itu tentang cinta, kebencian, humor, kesedihan, dan kebaikan. Sudah terjual lebih dari 18 juta salinan hingga diterjemahkan ke dalam 40 bahasa, buku ini sayang untuk dilewatkan!

2. 1984 oleh George Orwell (Goodreads rate 4.18)

tes.com
tes.com 

Dunia distopia George Orwell tentang dunia yang totaliter, penuh ketakutan dan kebohongan pada tahun 1984 ini menjadi buku klasik yang tidak bisa dilewatkan. 1984 akan membawa pembaca berimajinasi ke karakter Winston Smith berjuang menjadi seorang manusia di mana cinta, individualitas dan berkehendak bebas adalah hal yang terlarang.

Bukan hanya menjadi buku klasik yang populer saja, 1984 menjadi bacaan wajib di sekolah-sekolah hingga sekarang, lho.

3. 15. The Catcher in the Rye oleh by J.D. Salinger (Goodreads rate 3.81)

Goodreads
Goodreads

Novel klasik karya JD Salinger bercerita tentang Holden Caulfield, seorang remaja 16 tahun yang cemas dan pemberontak. Lewat perjalanan Caulfield, pembaca akan dibawa ke kehidupan remaja yang tidak terlalu simpel tapi juga tidak terlalu rumit. Ditambah dengan banyaknya suara-suara atau opini orang di sekitar yang membuat Caulfield menyimpan sebagian besar rasa sakit untuk, dan untuk, dirinya sendiri.

Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1951 dan meraih berbagai nominasi buku terbaik. Buku ini menjadi buku wajib untuk setiap anak remaja!

4. The Kite Runner oleh Khaled Hossein (Goodreads rate 4.30)

Goodreads
Goodreads

Kite Runner bercerita tentang kisah memilukan seorang anak laki-laki kaya yang bersahabat dengan putra pelayan ayahnya. Buku ini memiliki latar belakang di sebuah negara yang indah meski dalam proses penghancuran. Buku ini bukan hanya soal persahabatan, tapi juga pengkhianatan, cinta, keluarga, pengorbanan dan kebohongan.

Kite Runner menjadi buku yang dicintai orang sepanjang masa dan wajib dibaca sekali seumur hidup.

5. The Color Purple oleh Alice Walker (Goodreads rate 4.21)

Goodreads
Goodreads

Di tengah isu-isu tentang rasial, The Color Purple menjadi buku bacaan wajib untuk menambah wawasan dan pengertian isu penting ini. Buku ini bercerita tentang kehidupan perempuan Afrika-Amerika di pedesaan Georgia pada awal abad kedua puluh.

Menyabet berbagai penghargaan, The Color Purple berbagi cerita memilukan tentang perjuangan kehidupan perempuan ‘berwarna’ di Amerika Serikat era 30-an. Tanpa sensor dan penuh kenyataan pahit, The Color Purple bakal menyahat hati.

6. Fahrenheit 451 oleh Ray Bradbury (Goodreads rate 3.99)

Goodreads
Goodreads

Kalau kamu penggemar 1984 karya George Orwell, Fahrenheit 451 cocok menjadi bacaan kamu selanjutnya. Karakter Guy Montag akan membawamu ke dunia distopia di mana literatur dan televisi berada di ambang kepunahan. Tugas Montag adalah untuk menghancurkan barang-barang ilegal tersebut. Montag tidak pernah mempertanyaan pekerjaannya dan kembali setiap hari ke kehidupan yang hambar dan datar. Namun hal itu berubah ketika ia bertemu dengan tetangga muda yang eksentrik bernama Clarisse di mana ia dikenalkan tentang kehidupan tanpa ketakutan dan buku menjadi komoditas orang melihat dunia.

7. The Great Gatsby oleh F. Scott Fitzgerald (Goodreads rate 3.92)

Goodreads
Goodreads

Diterbitkan pada tahun 1925, The Great Gatsby karya Fitzgerald bercerita tentang era Jazz dan seorang pria kaya raya bernama Jay Gatsby. Dengan latar belakang Amerika tahun 1920-an, The Great Gatsby membawa pembaca ke dunia serba mewah, kehidupan yang manja, namun apakah cinta bisa diperoleh di kehidupan yang serba ada?

8. Lord of the Flies karya William Golding (Goodreads rate 3.68)

Goodreads
Goodreads 

Lord of The Flies bercerita tentang sebuah pesawat yang menabrak dan jatuh di pulau yang bahkan tidak terdaftar di peta, menyebabkan sekelompok anak sekolah tanpa pengawasan orang dewasa, harus bertahan hidup. Lalu, pulau mereka yang indah dan menyenangkan runtuh menjadi mimpi buruk yang kejam. Buku ini memiliki cerita yang kompleks namun membawa pembaca ke petualangan yang seru di mana wawasan terkait mitos, moralitas hingga politik menjadi pembelajaran penting saat membaca buku ini.

9. Tuesday with Morrie oleh Mitch Albom (Goodreads rate 4.11)

Goodreads
Goodreads

 

Buku yang juga sering kali menjadi bacaan wajib murid-murid di sekolah ini menjadi buku wajib yang memberikan pelajaran tentang hidup. Mitch Albom menemukan kembali Morrie, profesor kampusnya yang sejak 20 puluh tahun lalu. Di momen terakhir kehidupan Morrie yang tak lama lagi akibat penyakitnya, Mitch Albom selalu berkunjung ke ruang kerjanya setiap hari Selasa. Hubungan mereka pun dihidupkan kembali, menjadi ‘kelas’ terakhir Mitch Albom dengan Morrie, yang merubah cara berpikir Mitch Albom seterusnya.

10. Little Women oleh Louisa May Alcott (Goodreads rate 4.08)

Goodreads
Goodreads 

Saat membaca buku ini, kamu akan dibawa berpetualang dengan empat saudari yang masing-masing memiliki kepribadian unik mereka sendiri di New England abad ke-19. Kamu akan melihat perjuangan mereka menghadapi kekurangannya dan tumbuh berkembang menjadi empat wanita yang kuat.

Menarik-menarik semua, kan? Buku mana yang paling ingin kamu baca? Yuk, tulis di kolom komentar!