Jadi Kontroversi, Ternyata Ini Asal Usul Istilah Kata Anjay

CGV Cinemas – Akhir-akhir ini istilah “Anjay” sempat menjadi trending topic di media sosial twitter. Hal ini terjadi setelah Komisi Nasional Perlindungan Anak mengeluarkan sebuah rilis pers yang di unggah melalui akun Instagram @komnasanak, dalam rilis tersebut menyebutkan, bahwa istilah ”Anjay” berdampak kepada kekhawatiran banyak pihak, terutama orang tua terhadap anaknya. 

Menurut rilis pers tersebut, istilah ”Anjay” merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Lalu sebenarnya dari mana ya asal usul istilah ”Anjay” ini meluas? 

Kata ”Anjay” adalah sebuah ungkapan. Kata ”Anjay” ini juga termasuk ke dalam bahasa gaul biasa digunakan terutama oleh anak-anak muda dalam berkomunikasi baik secara tatap muka maupun melalui online.

Kata Anjay sendiri awalnya berkembang dari pergaulan preman untuk berkomunikasi satu sama lain secara rahasia. Agar kalimat mereka tidak diketahui oleh kebanyakan orang, mereka merancang kata-kata baru dengan cara antara lain mengganti kata ke lawan kata, mencari kata sepadan, menentukan angka-angka, penambahan awalan, sisipan, atau akhiran.

Jadi istilah “Anjay” merupakan sebuah ungkapan yang diperhalus dari kata sebenarnya. Dasar dari istilah ini berasal dari nama hewan yaitu anjing. Menggunakan kata anjing untuk sebuah ungkapan terdengar kasar dan jika diucapkan akan menyinggung perasaan lawan bicara. Oleh karena itu, kata ini diperhalus menjadi ”Anjay”. 

Namun, istilah ini tidak selamanya memiliki arti yang kasar. Beberapa orang menggunakan istilah ”Anjay” untuk mengungkapkan bentuk kekaguman seseorang terhadap sesuatu. 

Jadi setelah ditelusuri memang penggunaan kata Anjay berasal dari kalangan preman saat berkomunikasi. Nah, menurut teman seru apa setuju jika penggunaan kata ini bisa diperkarakan secara pidana?