Penuh Aksi Heroik, Ini 5 Film Yang Cocok Ditonton Pas Hari Kemerdekaan

CGV Cinemas – Mempelajari sejarah bangsa tidak melulu dari buku-buku literatur di sekolah dan perpustakaan. Lebih dari itu, kamu juga bisa mempelajarinya melalui sebuah film.

Saat ini sudah banyak film bertema perjuangan yang penuh dengan aksi heroik yang bisa kamu tonton bersama keluarga saat perayaan kemerdekaan Indonesia. Di samping untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air, film bertema kepahlawanan ini juga memiliki nilai edukasi lainnya.

Nah, pada artikel kali ini, CGV Cinemas akan memberikan 5 list  film bertema kepahlawanan dan kemerdekaan yang layak kamu tonton. Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Soekarno (2013)

Film kemerdekaan pertama yang wajib kamu tonton bersama keluarga adalah Soekarno yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini berdurasi 137 menit dan dibintangi oleh sejumlah aktor senior tanah air. Beberapa di antaranya adalah Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Ferry Salim, hingga Sudjiwo Tedjo.

Film Soekarno menceritakan perjuangan Soekarno sebagai tokoh besar Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pada masa tersebut, Soekarno memiliki pandangan yang berbeda dengan beberapa tokoh lainnya seperti Hatta dan Sjahrir, terkait cara pandang mereka terhadap kehadiran Jepang di tanah air. Semua kisah tersebut diceritakan dengan menarik di film ini. Selain itu juga ada pelajaran sejarah berharga yang bisa kamu petik, yakni tentang kegigihan tokoh bangsa mewujudkan kemerdekaan dengan cara apa saja, bahkan nyawa sekali pun.

2. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

H.O.S Tjokroaminoto adalah salah satu pahlawan yang paling berpengaruh di Indonesia. Dari sosoknyalah terlahir buah pemikiran tentang masa depan bangsa dan sekaligus sebagai mentor para tokoh bangsa seperti Soekarno. Film ini menceritakan suasana Hindia Belanda pasca era tanam paksa yang menyebabkan kemiskinan berkepanjangan. Tjokroaminoto yang merupakan anak priyayi rela melepaskan statusnya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan untuk merasakan penderitaan. 

Perjuangan Tjokroaminoto melalui organisasi Sarekat Islam dalam menyamakan hak dan martabat bumiputera merupakan yang terbesar saat itu. Rumahnya di Gang Peneleh, Surabaya juga dijadikan tempat kos tokoh bangsa dan di sanalah mereka diajar gagasan-gagasan kebangsaan oleh Tjokroaminoto. Film kedua yang cocok ditonton saat perayaan kemerdekaan Indonesia ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Christine Hakim, dan sederet aktor dan aktris terkemuka lainnya. 

3. Jenderal Soedirman (2015)

Film berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk ditonton saat perayaan kemerdekaan Indonesia adalah Jenderal Soedirman. Konon, biaya produksi film ini mencapai 10 milyar rupiah lebih dan lokasi syutingnya di Wonosari, Magelang, Setu Lembang, dan Bandung. Kisahnya menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman dalam Agresi Militer Belanda II tahun 1948. 

Film kemerdekaan yang dibintangi oleh Adipati Dolken, Mathias Muchus, Lukman Sardi, Ibnu Jamil, Nugie serta Baim Wong ini menyuguhkan kisah kolosal pertempuran gerilya pasukan Jenderal Soedirman dengan pasukan Jenderal Spoor. Di film ini kamu juga bisa memetik hikmah dari pengorbanan sebuah perjuangan, seperti kisah Karsani mantan pencuri yang ikut dalam medan pertempuran karena panggilan jiwanya.

4. Kartini (2017)

Kartini merupakan salah satu film kemerdekaan yang mendapatkan respon positif dari masyarakat di tahun 2017 lalu. Seperti judulnya, film ini mengisahkan tokoh emansipasi wanita, yakni Kartini. Aktris bertalenta Dian Sastrowardoyo menjadi pemeran sosok Kartini, selain itu juga terdapat sederet nama lainnya seperti Adinia Wirasti, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, Denny Sumargo hingga Dwi Sasono.

Dalam film ini, Dian Sastrowardoyo sangat menghayati saat memerankan Kartini sebagai sosok yang terbelenggu oleh adat. Berkat kegigihannya, Kartini sedikit demi sedikit mendapatkan pendidikannya. Namun, meski dia mendapatkan pendidikan seperti yang diharapkan, akhirnya dia pun tak kuasa menolak adat yang dipegang teguh keluarganya untuk menikah dengan Raden Joyodiningrat yang diperankan oleh Dwi Sasono.

5. Sultan Agung (2018)

Dirilis pada 23 Agustus 2018 lalu, film kemerdekaan Sultan Agung juga layak kamu tonton saat perayaan kemerdekaan Indonesia. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini mengisahkan sosok Sultan Agung (diperankan Ario Bayu) yang menyatukan para adipati di tanah Jawa oleh politik VOC yang dipimpin Jan Pieterzoon Coen di bawah kekuasaan Mataram. 

Dikisahkan pula perjuangan Sultan Agung hingga mengibarkan bendera perang di Batavia yang akhirnya meruntuhkan benteng VOC. Selain harus rela kehilangan cinta sejatinya, Lembayung (diperankan Putri Marino), dia harus menghadapi berbagai pengkhianatan. Film dengan durasi 148 menit ini juga menampilkan selebritis terkenal tanah air lainnya seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu, dan Christine Hakim.

Jadi, film mana dulu yang akan kamu tonton bersama keluarga saat perayaan kemerdekaan Indonesia?