CGV Cinemas –  Hanya karena tidak bisa pergi ke gym atau pusat kebugaran selama harus di rumah aja, bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan dan hanya berdiam diri di rumah dan menimbun lemak di tubuh.

Ada cara untuk tetap bisa membakar kalori walau hanya di rumah aja. Caranya pun mudah, lho. Yuk, tetap sehat dan mencegah timbunan lemak di tubuh dengan lakukan 5 hal ini!

1. Olahraga Kardio

Kardio adalah jenis olahraga di rumah yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat, selama masa darurat virus corona. Berjalan di treadmill dengan kecepatan tertentu menjadi salah satu olahraga kardio yang mudah dilakukan. Buat kamu yang memiliki treadmill di rumah, alat olahraga ini bisa menjadi opsinya. 

Olahraga kardio sangat beragam, berjalan kaki di halaman depan rumah saja, sudah termasuk dalam olahraga kardio. Namun ingat, jangan coba-coba ke luar rumah, kalau kamu mengalami gejala infeksi virus corona, seperti batuk, sesak, demam, atau sakit tenggorokan. Lompat tali juga masuk dalam golongan olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah. Kalau belum terbiasa, lakukan secara perlahan untuk menghindari cedera, ya.

2. Lean Scapular Pull

Lanjutkan olahraga di rumah yang praktis dan efektif dengan gerakan yang dikenal dengan nama lean scapular pull. Sandarkan punggung kamu dengan rapat ke dinding, angkat lengan ke atas, tempelkan ke dinding dan membentuk huruf W.

Turunkan siku ke arah tubuh, lalu angkat kembali. Ulangi. Pastikan bagian tubuh selain yang yang diinstruksikan tidak ikut bergerak ketika melakukan pergerakan ini. Latihan ini berguna untuk menguatkan otot-otot di sekitar dada.

3. Push Up

Olahraga di rumah yang satu ini tidak memerlukan alat apa-apa, karena hanya memanfaatkan berat tubuh kamu saja nih. Pastinya sudah pada tahu dong, push-up menjadi salah satu olahraga yang menjadikan berat badan sebagai “alat” untuk memperkuat ketahanan tubuh.

Push-up adalah olahraga yang tepat jika kamu ingin memperkuat tubuh bagian atas, misalnya dada. Kalau dilakukan setiap hari, dijamin deh perbedaan pada bentuk dada kamu yang berpotensi menjadi lebih bidang akan terlihat dengan jelas. Tubuh sehat dan atletis jadi bukan hanya impian doang.

4. Superman

Eits, jangan kaget dulu saat mendengar nama gerakan olahraga di rumah yang berikut ini. Gerakan seperti Superman saat sedang terbang ini akan membantu menguatkan otot-otot di sekitar area  tulang belakang kamu.

Sambil berbaring telungkup, angkat dada dari lantai dengan posisi kedua tangan lurus ke depan. Jika kamu tergolong pemula dan mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan ini, tekuk kedua tangan ke samping membentuk huruf W.

Barulah jika sudah terbiasa, kamu bisa beralih ke posisi ‘terbang’ ala Superman dengan kedua tangan lurus menghadap ke depan. 

5. Yoga

Walau gerakan yoga terlihat mudah, tapi jangan anggap remeh olahraga di rumah yang satu ini. Bagi siapapun yang pernah mencoba yoga, pasti tahu efektivitasnya dalam membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Manfaat yoga tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga mental loh. 

Beberapa manfaat yoga seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi dan vitalitas, dan tentu saja sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, manfaat yoga untuk kesehatan mental adalah mencegah stres dan membantu memberikan perasaan damai untuk pikiranmu yang sedang penat nih. 

Nah, itu dia tadi beberapa olahraga di rumah super sederhana dan ampuh banget untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kamu. Lakukanlah olahraga secara teratur dan bertahap jika memang kamu belum terbiasa agar tubuh tidak kaget. Selamat berolahraga dan tetap sehat selalu!

Buat kamu yang pengen mendapatkan tutorial olahraga lengkap agar tetap bugar dan sehat selama dirumah, jangan lupa untuk subscribe dan like video-video olahraga di YouTube Channel CGV Kreasi. Penasaran? Yuk tonton video selengkapnya berikut ini.